PROSES PENGERINGAN DAN PEMECAHAN BIJI KELAPA SAWIT

Proses Pengeringan dan pemecahan biji diawali dari Biji kelapa sawit yang telah dipisah pada proses pengadukan,diolah lebih lanjut untuk di ambil minyak nya.
Sebelum di pecah,biji-biji sawit di keringkan dalam silo, minimal 14 jam Dangan sirkulasi udara kering pada suhu 50-80°C. Akibat proses pengeringan ini,inti sawit akan mengarut sehingga memudahkan pemisahan inti sawit dari tempurung nya.

Selain penguapan, biji dalam silo juga mengalami fermentasi sehingga serabut yang masih menempel pada biji akan mengalami pelapukan. Kadar air yang di kehendaki ada 12% jika temperatur kurang maka kadar air biji masih tinggi sehingga menyulitkan pemisahan inti dari cangkang nya.

Biji-biji sawit yang sudah kering kemudian di bawa ke alat pemecah biji. Terdapat dua jenis alat pemecah biji yang di gunakan oleh perkebunan kelapa sawit saat ini,yaitu nut cracter model rotor vertikal dan nut Carter model rotor horizontal (ripple Mill).

Namun yang lebih banyak di gunakan adalah ripple Mill karna tanaman sawit yang banyak di usahakan saat ini ada dari jenis tenara,dengan biji yang cenderung lebih kecil dan cangkang nya lebih tipis Pada ripple mill, biji seolah dikupas pada suatu stator yang di buat bergerigi ketika rotor (baling-baling) yang berputar untuk mengerjakan biji-biji tersebut sehingga mengakibatkan biji pecah.

Pemisahan inti sawit dari tempurung nya dilaku berdasar kan perbedaan berat jenis antara inti sawit dan tempurung. Alat yang di gunakan adalah hydrocycline separator. Inti dan tempurung di pisah kan oleh aliran air yang berputar dalam sebuah tabung atau dapat juga dengan mengapung kan biji-biji yang pecah dalam larutan lempung yang mempunyai berat jenis 1,16. Dalam keadaan tersebut inti sawit akan mengapung dan tempurung nya tengelam.Proses selanjutnya adalah pencucian inti sawit dan tempurung sampai bersih.

Untuk menghindari kerusakan akibat mikroorganisme,inti sawit harus segera dikeringkan dengan suhu 80°C. Setelah kering, inti sawit dapat dipak atau di olah lebih lanjut yaitu dengan ekstraksi untuk menghasilkan minyak inti sawit (palm kernel oil / PKO).

PROSES PENGOLAHAN KELAPA SAWIT MENJADI CPO, PROSES PENGOLAHAN KELAPA SAWIT, PROSES PENGOLAHAN KELAPA SAWIT DI PKS, LAPORAN PENGOLAHAN KELAPA SAWIT MENJADI CPO, HASIL PENGOLAHAN KELAPA SAWIT, PEMBUATAN PABRIK KELAPA SAWIT, BAHAN BAKU PABRIK KELAPA SAWIT

--- ayo sawit ---

Previous Post Next Post

Contact Form