PENYAKIT DAUN BIBIT MUDA PADA KELAPA SAWIT (BLACK SPOT DISEASE DAN ANTRAKNOSA)

Penyakit daun bibit muda ( black spot disease dan antraknosa) --> Penyakit daun bibit muda diantara nya di sebabkan oleh jamur Malanconium elaedis Glimerella, singgulata, dan Botryodiplodia palmarum. 
Jenis penyakit ini menimbulkan gejala berupa bercak-bercak hitam pada daun yang terserang. Bercak terkadang diselingi warna kuning mengelilingi bercak hitam. Gejala lain yang tampak adalah adanya warna coklat dan hitam di antara tulang daun. Daun-daun yang terserang menjadi Kering dan akhirnya mengalami kematian.

Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan mengurangi naungan bibit sesuai dengan perkembangan umur tanaman. Pada serangan yang bersifat sporadic, dapat dilakukan tindakan pemangkasan ringan (tajuk bibit yang terinfeksi). Jika mengalami serangan berat, sebaiknya bibit di musnahkan. 

Pemberantasan secara kimiawi dapat dilakukan dengan mengunakan fungisida, seperti Dithane M-45 80 WP yang berbahan aktif mancozeb 80% Dengan konsentrasi 0,2% atau fungisida Captan dengan konsentrasi 0,2%.

Penyakit Busuk Pucuk Kelapa Sawit, Penyakit Pada Tanaman Kelapa Sawit, Cara Mengatasi Daun Kelapa Sawit Kering, Penyakit Antraknosa Pada Kelapa Sawit, Cara Pengendalian Bercak Daun Kelapa Sawit, Cara Pengendalian Penyakit Daun Di Pembibitan Kelapa Sawit, Penyakit Ganoderma Pada Kelapa Sawit, Pertanyaan Tentang Penyakit Kelapa Sawit

--- Ayo Sawit --- 

Previous Post Next Post

Contact Form