PENYAKIT AKAR PADA KELAPA SAWIT (BLAST DISEASE)

Penyakit akar (blast disease) --> Penyakit akar pada tanaman kelapa sawit di antara nya di sebabkan oleh jamur Rhizoctonia Iamellifera dan Phytium sp. 
Penyakit ini menimbulkan gejala berupa akar menjadi lunak dan jika di belah,akan terlihat jaringan antara bekas pembuluh pusat dan hipodermis hancur. Selain itu, daun bibit menjadi kusam dan berwarna kekuningan Kuningan yang di mulai dari bagian ujung daun,daun menjadi layu, dan akan berubah warna menjadi kuning cerah dan tumbuh bercak-bercak.
       
Media atau tanah untuk pembibitan, pemupukan, dan memelihara menjadi faktor yang perlu di perhatikan untuk mencegah terjadinya penyakit akar pada tanaman.Jika tanaman terserang penyakit ini, dapat di berantas menggunakan fungisida yang berbahan aktif benomil 20% dan tiram 20% seperti fungsida Benlate T 20/20 WP dengan konsentrasi 20 mg/I air. Fungsida ditebarkan pada media tanam. Dapat pula menggunakan kapur pertanian dengan konsentrasi 0,2%.

Penyakit Busuk Pucuk Kelapa Sawit, Penyakit Pada Tanaman Kelapa Sawit, Cara Mengatasi Daun Kelapa Sawit Kering, Penyakit Antraknosa Pada Kelapa Sawit, Cara Pengendalian Bercak Daun Kelapa Sawit, Cara Pengendalian Penyakit Daun Di Pembibitan Kelapa Sawit, Penyakit Ganoderma Pada Kelapa Sawit, Pertanyaan Tentang Penyakit Kelapa Sawit

--- Ayo Sawit --- 

Previous Post Next Post

Contact Form