PENYAKIT BUSUK BATANG ATAS PADA KELAPA SAWIT (UPPER TEM ROT)

Penyakit busuk batang atas (upper stem rot) yaitu busuk batang atas tanaman kelapa sawit di sebabkan oleh jamur Gomez noxius. 
Penyakit ini berhubungan erat dengan defisiensi unsur K dan infeksi melalui spora pada saat pemangkasan. Penyakit ini menyebabkan daun yang terbawa berubah warna dan akhirnya mati. 

Keadaan ini berkembang terus sampai kuncup daun terserang dan selanjutnya terjadi pembusukan pada batang. Batang yang membusuk, sekitar 2 m di atas tanah akan berwarna coklat keabu-abuan.

Bagian batang yang baru terserang sedikit, dapat di tolong dengan melakukan pembedahan atau pemotongan. Luka bekas potongan ditutupi dengan obat penutup luka (protectant). 

Jika tanaman sudah tidak dapat tertolong lagi maka di bongkar. Bagian-bagian tanaman yang sakit diletakkan diantara barisan tanaman agar membusuk. Selain itu, penambahan unsur hara terutama unsur K dapat mengurangi penderitaan pohon yang terserang.

Penyakit Busuk Pucuk Kelapa Sawit, Penyakit Pada Tanaman Kelapa Sawit, Cara Mengatasi Daun Kelapa Sawit Kering, Penyakit Antraknosa Pada Kelapa Sawit, Cara Pengendalian Bercak Daun Kelapa Sawit, Cara Pengendalian Penyakit Daun Di Pembibitan Kelapa Sawit, Penyakit Ganoderma Pada Kelapa Sawit, Pertanyaan Tentang Penyakit Kelapa Sawit

--- Ayo Sawit --- 

Previous Post Next Post

Contact Form