PENYAKIT BUSUK KUNCUP PADA KELAPA SAWIT (SPEAR ROT)

Penyakit busuk kuncup KELAPA SAWIT (Spear Rot) --> Belum diketahui dengan pasti penyebab penyakit busuk kuncup. Serangan penyakit ini diduga terjadi karena melemahnya ketahanan tanaman, salah satu penyebabnya adalah kekurangan unsur boron. 
Penyakit ini menyebabkan jaringan pada kuncup (Spear), kadang termasuk titik tumbuh, berwarna kecoklatan dan mengalami pembusukan. Setalah dewasa, kuncup akan bengkok dan melengkung. Penyakit ini biasa nya menyebar secara sporadis di lapangan dan tidak memiliki pola penyebaran tertentu.

Jika serangan belum mengenai titik tumbuh, pengendalian dapat dilakukan dengan memotong semua jaringan yang sakit dengan posisi agak dibawah bagian yang terinfeksi. Kemudi bagian yang telah di potong diolesi fungsida sistematik benomil dengan dosis 5 g bahan aktif per pokok. 

Hal ini bertujuan untuk melindungi bekas luka dengan serangan mikroorganisme. Pemberantasan perlu dilakukan jika pohon sudah mengalami serangan berat ( pembusukan sudah mengenai titik tumbuh). Pohon harus di bongkar setelah di racuni terlebih dahulu.

Penyakit Busuk Pucuk Kelapa Sawit, Penyakit Pada Tanaman Kelapa Sawit, Cara Mengatasi Daun Kelapa Sawit Kering, Penyakit Antraknosa Pada Kelapa Sawit, Cara Pengendalian Bercak Daun Kelapa Sawit, Cara Pengendalian Penyakit Daun Di Pembibitan Kelapa Sawit, Penyakit Ganoderma Pada Kelapa Sawit, Pertanyaan Tentang Penyakit Kelapa Sawit

--- Ayo Sawit --- 

Previous Post Next Post

Contact Form