PENYAKIT BUSUK KERING PANGKAL BATANG KELAPA SAWIT (DRY BASAL ROT)

Penyakit busuk kering pangkal batang (dry basal rot) yaitu Penyakit busuk kering pangkal batang tanaman kelapa sawit di sebabkan oleh jamur ceratocystis paradoxa. 
Gejala penyakit ini antara lain tandan buah membusuk, pembentukan bunga terhambat, dan diikuti dengan patah nya pelepah daun bagian bawah. Akhirnya tanaman kering dan mati. Jamur ini menyerang melalui akar atau bekas luka akibat pemangkasan, masuk kedalam kortek menuju kepangkal batang.

Tanaman yang berumur 4-10 tahun lebih paka terhadap penyakit ini dan 2-3 tahun kemudian setelah terkena penyakit, tanaman akan mati. Tanaman yang sakit harus di bongkar dan di bakar. 

Usaha pengendalian di lakukan dangan cara menghindar kan dari sumber infeksi dan usaha penanaman varietas yang tahan terhadap penyakit tersebut.

Penyakit Busuk Pucuk Kelapa Sawit, Penyakit Pada Tanaman Kelapa Sawit, Cara Mengatasi Daun Kelapa Sawit Kering, Penyakit Antraknosa Pada Kelapa Sawit, Cara Pengendalian Bercak Daun Kelapa Sawit, Cara Pengendalian Penyakit Daun Di Pembibitan Kelapa Sawit, Penyakit Ganoderma Pada Kelapa Sawit, Pertanyaan Tentang Penyakit Kelapa Sawit

--- Ayo Sawit --- 

Previous Post Next Post

Contact Form