CARA MENANAM BIBIT KELAPA SAWIT DAN PERAWATANNYA !

Pengangkutan bibir kelapa sawit kelapangan --> Bibit yang akan di angkut dari areal pembibitan di susun  dengan baik dan rapi di pinggir-pinggir jalan utama maupun jalan koleksi pada setiap blok atau grub. 
Satu truk sejenis volt diasel dapat memuat sebanyak sekitar 150 batang bibit per triknya, sedangkan traktor gandengan hanya mampu mengangkut sekitar 75 batang bibit. Bibit disusun rapi dan jangan sampai ditumbuk-tumbuk karena dapat menimbulkan kerusakan.

Penanaman bibit kelapa sawit dilapangan --> Penanaman pada awal musim hujan adalah yang paling tepat karena persediaan air sangat berperan dalam menjaga pertumbuhan bibit tanaman yang baru dipindahkan. Penanaman yang dilakukan pada musim kemarau dapat menyebabkan kematian dan memerlukan biaya yang lebih karena perlu persediaan air. 

Minimum 10 hari setelah penanaman, diharapkan turun hujan secara berturut-turut. Di Indonesia, saat terbaik untuk melakukan penanaman adalah pada bulan Oktober atau November, yaitu saat awal musim hujan tiba.

Bagian bawah bibit dari polibag disayat sebelum dimasukkan kedalam lubang tanam. Setelah dimasukkan kedalam lubang, bagian kanan dan kirinya di sayat dengan hati-hati. Untuk bibit putaran pembungkusan tidak harus dibuang karena dapat membusuk. Untuk bibit cabutan, bibit langsung dimasukkan kedalam lubang dengan hati-hati. 

Lubang tanam ditimbun dengan tanah sedikit demi sedikit. Permukaan bibit putaran harus sama dengan permukaan tempat tanam. Untuk bibit yang di tanam di areal gambut, lubang tanam yang ditutup hanyalah bagian bawahnya saja, sedangkan lubang atas nya di biarkan terbuka. 

Khusus untuk tanah gambut, setelah bibit selesai ditanam, perlu diberikan kembali tambahan pupuk cupri sulfat dengan dosis 200 g/batang. Pupuk ditaburkan secara merata 1m dari lubang di atas. 

Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan yang harus di hindari pada penanaman kelapa sawit.
  • Penanaman bibit terlalu dalam, terlalu tinggi, atau tidak tegak/ miring.
  • Tanah disekitar akar dipecah dan dibuang (untuk bibit putaran).
  • Polibag yang telah digunakan dibuang didalam lubang tanam.
  • Polibag tidak di buka sebelum di tanam.

cara menanam sawit dan perawatannya, pemeliharaan tanaman kelapa sawit, umur bibit kelapa sawit siap tanam, perawatan kelapa sawit, jarak tanam kelapa sawit, teknik penanaman kelapa sawit, budidaya kelapa sawit pdf, jarak tanam kelapa sawit pelepah pendek

--- Ayo Sawit ---
Previous Post Next Post

Contact Form