GULMA PADA TANAMAN KELAPA SAWIT

Ayo Sawit - Adapun Gulma Pada Tanaman Kepala Sawit sebagai berikut :


Gulma merupakan tumbuhan yang tumbuh pada waktu, tempat dan kondisi yang tidak diinginkan manusia yang menimbulkan hal negatif yaitu merugikan kepentingan manusia baik langsung maupun tidak langsung melebihi nilai positif (daya-gunanya bagi manusia). 


Gulma merupakan pesaing bagi tanaman kelapa sawit dalam penyerapan unsur hara, air dan cahaya matahari. Jenis gulma yang tumbuh dan mendominasi suatu areal tergantung dari lokasi dan iklim setempat. Pemeliharaan yang baik akan memperlancar pekerjaan pemanenan, pemupukan, pengawasan pengendalian hama atau penyakit dan lain-lain.

Persaingan (competition) diartikan sebagai perjuangan dua organisme atau lebih untuk memperebutkan obyek yang sama. Baik gulma maupun tanaman mempunyai keperluan dasar yang sama untuk pertumbuhan dan perkembangan yang normal yaitu unsur hara, cahaya, air, ruang tumbuh dan CO2. Persaingan terjadi bila unsur-unsur penunjang pertumbuhan tersebut tidak tersedia dalam jumlah yang cukup bagi keduanya. Kemampuan tanaman bersaing dengan gulma ditentukan olehspesies gulma, kepadatan gulma, saat dan lama persaingan, cara budidaya dan varietas yang ditanam, serta tingkat kesuburan tanah. 

Gulma yang muncul atau berkecambah lebih dulu atau bersamaan dengan tanaman yang dikelola berakibat besar terhadap pertumbuhan dan hasil panen tanaman. Persaingan gulma pada awal pertumbuhan akan mengurangi kuantitas hasil panen, sedangkan persaingan dengan gulma Jenis gulma yang tumbuh biasanya sesuai dengan kondisi perkebunan. 

Misalnya pada perkebunan yang baru diolah, maka gulma yang banyak dijumpai adalah gulma semusim, sedangkan pada perkebunan yang telah lama ditanami, gulma yang banyak ditemukandalah gulma jenis tahunan. Pada dasarnya jenis gulma disuatu daerah berbeda dengan daerah lain, walaupun tanaman yang dibudidayakan sama. Perbedaan ini disebabkan oleh iklim, rotasi tanaman dan tindakan agronomis yang tidak sama. Perkembangbiakan gulma ditinjau dari segi mekanisme perkembangannya adalah sangat efisien, dan bila diperhatikan jauh lebih efisien dari pada tanaman budidaya yang diusahakan. Gulma berkembang biak secara generatif (biji) maupun secara vegetatif. Secara umum gulma semusim berkembang biak melalui biji. 

Biasanya produksi biji sangat banyak, bahkan dapat menghasilkan lebih dari 40.000 biji dalam satu musim, sebagai contoh adalah jejagoan (Echinochloa crusgalli). Gulma tahunan lebih efisien perkembangbiakannya dari pada gulma semusim, karena gulma ini dapat berkembang biak dengan biji ataupun secara vegetatifsebagai contoh adalah teki dan alang-alang.

Ayo Sawit, Gulma Kelapa Sawit, Kelapa Sawit, Mengatasi Gulma Kelapa Sawit

--- Ayo Sawit ---

Previous Post Next Post

Contact Form