PEREBUSAN TANDAN BUAH SEGAR (TBS) DAN PERONTOKAN/PENCUNGKILAN BUAH KELAPA SAWIT

Proses perebusan Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit yang telah di timbang berserta lori nya selanjutnya direbus di dalam sterilizer atau dalam ketel rebus. 
Perebusan dilakukan dengan mengalirkan uap panas selama satu jam atau tergantung besarnya tekanan uap. Pada umumnya,besaranya tekanan uap yang digunakan adalah 2,5 atmosfer dengan suhu uap 125°C. Perebusan yang terlalu lama dapat menurunkan kadar minyak dan pemucatan karnel. Sebaliknya,perebusan dalam waktu yang terlalu pendek menyebabkan semakin banyak buah yang tidak rontok dari tandan nya. Pada dasar nya tujuan perebusan adalah sebagai berikut.
  • Merusak enzim lipase yang menstimulir        pembentukan ALB
  • Mempermudah pelepasan buah dari tandan dan inti dari cangkang
  • Memperlunak daging buah sehingga memudahkan  proses pemerasan
  • Mengendap kan protein sehingga memudahkan pemisahan minyak.

Perontokan dan Pemucatan Buah dilakukan bermula dari Lori-lori yang berisi TBS di tarik keluar dan di angkat dengan alat hoisting crane yang di gerakan oleh motor. hoisting crane akan menimbulkan TBS ke atas mesin perontok buah(thresher). Dari thresher, buah yang telah rontok di bawa ke mesin pelumat(digaster). Untuk lebih memudahkan penghancuran daging buah dan pelepasan biji, selama proses digaster buah di panasi dengan penguapan.

PROSES PENGOLAHAN KELAPA SAWIT MENJADI CPO, PROSES PENGOLAHAN KELAPA SAWIT, PROSES PENGOLAHAN KELAPA SAWIT DI PKS, LAPORAN PENGOLAHAN KELAPA SAWIT MENJADI CPO, HASIL PENGOLAHAN KELAPA SAWIT, PEMBUATAN PABRIK KELAPA SAWIT, BAHAN BAKU PABRIK KELAPA SAWIT

--- ayo sawit ---

Previous Post Next Post

Contact Form