APA ITU FUNGI MIKORIZA ARBUSKULAR (FMA)

Mikoriza merupakan suatu bentuk hubugan simbiosis mutualisme antara fungi tanah dengan akar tanaman. Simbiosis mutualisme ini membentuk hubungan yang saling menguntungkan antra fungi tanaman yang memperoleh nutrisi dari hasil fotosintesis tanaman inang, dan tanaman inang dapat memperoleh unsur hara serta air yang sulit terjangkau akar melalui hifa fungi tersebut.

FMA berperan penting terhadap ketersediaan fosfor bagi tanaman. Hifa mikoriza dapat menyerap hara dari tanah yang tidak dapat diserap akar, sehingga FMA berpengaruh terhadap penyerapan hara yang tinggi di kondisi tanah yang ketersediaan haranya rendah. Pada kondisi fosfor yang cukup, akar tanaman dapatberperan sebagai organ yang menyerap hara, sehingga tanaman dapat mengakumulasi unsur fosfor dalam jumlah yang tinggi. Pada kondisi ini FMA akan tetap memperoleh senyawa C dari tanaman yang akan mempengaruhi metabolisme tanaman

Berdasarkan struktur tubuh dan cara fungi menginfeksi akar, mikoriza dapat dikelompokkan kedalam tiga tipe (Harijoko et al,.2006), yaitu:
1. Ektomikoriza, merupakan asosiasi dari fungi Basidiomycetes dan lainnya yang membentuk bengkalan pada akar lateral pendek yang diselubungi oleh hifa. Hifa tumbuh menjorok keluar dan berfungsi sebagai alat yang efektif dalam menyerap unsur hara serta air. Pada akar terdapat jaringan Hartig yaitu hifa yang mengitari epidermis atau sel koteks.
2. Ektendomikoriza, merupakan bentuk antara (intermediat) dengan ektomikoriza dan endomikoriza. Karakteristik fungi mikoriza ini adalah terdapatnya hartig net di dalam jaringan korteks serta terdapat mantel yang menyelubungi akar. Hifa dapat menginfeksi sel korteks dan dinding sel korteks. Penyebarannya terbatas didalam tanah-tanah hutan.
3. Endomikoriza, karakteristik fungi mikoriza ini antara lain yaitu akar yang terkena infeksi tidak membesar, lapisan hifa pada permukaan akar tipis, hifa menginfeksi sel jaringan korteks, adanya bentukan khusus yang berbentuk oval yang disebut vesikular dan sistem percabangan hifa yang dikotomi disebut arbuskular. Arbuskular merupakan tempat pertukaran metabolit antara fungi dan tanaman inang.

BUDIDAYA KELAPA SAWIT, PALM OIL NEWS, PALM OIL INDONESIA, PALM OIL INDUSTRY, PALM KERNEL OIL, PALM OIL PRICE INDONESIA, CRUDE PALM OIL INDONESIA

--- ayo sawit ---


Previous Post Next Post

Contact Form