APA ITU PUPUK NPK ?

Pupuk NPK mengandung Unsur hara seperti nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K) merupakan unsur hara makro yang dibutuhkan oleh tanaman dengan jumlah yang relatif besar (di atas 1000 ppm) bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Ketiga jenis unsur hara tersebut terdapat didalam pupuk NPK yang merupakan pupuk majemuk, pupuk yang mengandung lebih dari ssatu unsur hara tanaman. 
 
Nitrogen merupakan unsur hara yang banyak ditemukan didalam senyawa penting. Jika kekurangan unsur hara N ini maka pertumbuhan tanaman akan terhambat. Terdapat dua bentuk utama ion nitrogen yang dapat diserap dari dalam tanah, yaitu nitrat (NO3-) dan ammonium (NH4+). Gejala yang ditimbulkan jika kekurangan nitrogen yaitu tanaman akan mengalami gejala klorosis pada daun tua. 
 
Tanaman yang mendapatkan nitrogen berlebihan akan memilki daun berwarna hijau yang rimbun dengan sistem perakaran yang dangkal Fosfor merupakan unsur yang terdapat disetiap tanah, walupun jumlahnya tidak sebanyak N dan K. Unsur ini diserap terutama oleh tanaman dalam bentuk ortofosfat primer (H2PO4-) kemudian dalam bentuk HPO42-.
 
Pupuk fosfor sangat penting bagi pertumbuhan tanaman, tetapi jumlahnya sedikit didalam tanah karena terfiksasi. Menurut Hakim et al. (1986), unsur fosfor sangat penting dalam proses pembelahan sel dan perkembangan jaringan meristem sehingga akan merangsang pembentukan akar pada tanaman. 
 
Pertumbuhan akar yang baik memungkinkan serapan hara oleh tanaman lebih banyak sehingga akan membuat pertumbuhan semakin baik. Kekurangan fosfor berakibat buruk bagi tanaman karena dapat mempengaruhi proses metabolisme penting tanaman khususnya fotosintesis.
 
Kalium merupakan unsur ketiga yang terpenting setelah nitrogen dan fosfor. Kalium merupakan pengaktif dari sejumlah besar ion yang penting untuk fotosintesis dan respirasi. Kalium juga mengaktifkan enzim yang diperlukan untuk pembentukan pati dan protein bagi tumbuhan. 
 
Kalium mudah disalurkan dari organ dewasa ke organ muda, sehingga gejala yang ditimbulkan akibat kekurangan unsur ini berupa nekrosis pada daun tua. Tanaman yang mengalami gejala kekurangan unsur kalium memiliki batang yang lemah dan akar yang mudah terserang oleh penyakit busuk akar yang menyebabkan tanaman mudah rebah. 
 
BUDIDAYA KELAPA SAWIT, PALM OIL NEWS, PALM OIL INDONESIA, PALM OIL INDUSTRY, PALM KERNEL OIL, PALM OIL PRICE INDONESIA, CRUDE PALM OIL INDONESIA

--- ayo sawit ---
 
Previous Post Next Post

Contact Form