FAKTOR PENYEBAB TIMBULNYA GANGGUAN GANODERMA SP PADA KELAPA SAWIT - Faktor Umur Kelapa Sawit

Beberapa hasil penelitian sampai saat ini menunjukan bahwa tidak ada tanaman kelapa sawit yang resisten terhadap Ganoderma. Ada perbedaan ketahanan terhadap Ganoderma pada berbagai sumber plasma genetik kelapa sawit di lapangan (Purba et al., 1994) Sampai saat ini, faktor-faktor yang cenderung terbukti berpengaruh terhadap berkembangnya penyakit G. boninense adalah faktor umur tanaman, tanaman sebelumnya, jenis tanah, status nutrisi tanaman dan teknik penanaman kembali. 

Infeksi yang ditimbulkan oleh G. boninense patogen secara umum diperkirakan terjadi karena melemahnya daya tahan hidup kelapa sawit. Melalui informasi yang lengkap dan tersedia dewasa ini faktorfaktor tersebut dapat dianalisa dan diminimalisir secara tepat (Arifin, et al, 2010).

Faktor Umur Kelapa Sawit -- > Pertama kali penyakit G. boninense ini dilaporkan sebagai penyakit kelapa sawit berumur tua yang mengalami penuaaan, yaitu kelapa sawit yang berumur lebih dari 25 tahun, dan hal ini dianggap wajar karena faktor penuaan menyebabkan kekebalan tubuh tanaman kelapa sawit menurun. Namun, seiring dengan perjalanan waktu pendapat tersebut berubah, dimana tanaman kelapa sawit yang jauh lebih mudapun terinfeksi pula (Arifin, et al, 2010). 

Turner (1981) menyatakan bahwa, pada usia di mana kelapa sawit terinfeksi akan tergantung pada laju kolonisasi jaringan dari tanaman sebelumnya, kedekatan dari koloni jaringan G. boninense dengan tanaman kelapa sawit, waktu untuk melakukan kontak dari akar ke jaringan sampai menimbulkan infeksi, dan pertumbuhan jamur sepanjang akar dan keberadaannya di dalam jaringan batang. 
Secara umum, gejala penyakit G. boninense mulai muncul pada tahun keenam setelah penanaman, dan kemudian meningkat pesat pada tahun ke sebelas dan demikian seterusnya. Disarankan bahwa, di lapangan, agar dilakukan pencegahan inokulum penyakit untuk tidak kontak dengan akar tanaman kelapa sawit yang sehat.

BUDIDAYA KELAPA SAWIT, PALM OIL NEWS, PALM OIL INDONESIA, PALM OIL INDUSTRY, PALM KERNEL OIL, PALM OIL PRICE INDONESIA, CRUDE PALM OIL INDONESIA

--- ayo sawit ---

Previous Post Next Post

Contact Form