ASAL USUL CRUDE PALM OIL (CPO)

Ayo Sawit - Crude Palm Oil (CPO) berasal dari buah segar kelapa sawit yang didapatkan dengan cara mengekstrak buah sawit tersebut. 


Produksi minyak sawit dunia tidak saja digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi, akan tetapi juga telah diolah lebih lanjut menjadi salah satu bahan bakar alternatif ramah lingkungan untuk automotif yang disebut biodiesel. Saat ini, Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) telah berhasil mengembangkan Palm biodiesel dari minyak sawit mentah (CPO). Selain itu, lembaga-lembaga penelitian maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga telah melakukan kegiatan serupa (olahan lanjut dari minyak kelapa sawit /CPO).

Semua komponen buah sawit dapat dimanfaatkan secara maksimal. Buah sawit memiliki daging dan biji sawit, dimana daging sawit dapat diolah menjadi CPO sedangkan buah sawit diolah menjadi kernel palm oil (KPO). Ekstraksi CPO rata-rata 20 persen sedangkan KPO 2,5 persen. Sementara itu cangkang biji sawit dapat dipergunakan sebagai bahan bakar ketel uap. Minyak sawit dipergunakan untuk bahan makanan dan industri melalui proses penyulingan, penjernihan dan penghilangan bau. Disamping itu CPO dapat diuraikan untuk produksi minyak sawit padat (RBD Stearin) dan untuk produksi minyak sawit cair (RBD Olein).

Minyak kelapa sawit banyak digunakan sebagai bahan baku makanan. Bahan makanan yang berbahan baku kelapa sawit antara lain: minyak goreng, margarin, lemak nabati untuk susu dan es krim, serta masih banyak lainnya. Sebagai bahan makanan, minyak kelapa sawit memiliki dua aspek kualitas. Aspek kualitas pertama berhubungan dengan kadar dan kualitas asam lemak bebas (FFA, Free Fatty Acid), serta kelembaban dan kadar kotor yang terkandung dalam minyak kelapa sawit tersebut. Aspek kualitas yang kedua berhubungan dengan aroma, rasa, kerjernihan serta kemurnian dari produk. Minyak kelapa sawit yang bermutu prima mengandung asam lemak (FFA) tidak lebih dari dua persen pada saat pengapalan untuk di ekspor atau di impor. Sedangkan untuk kualitas standar minyak kelapa sawit mengandung tidak lebih dari lima persen asam lemak bebas

Ayo Sawit, CRUDE PALM OIL, CPO, Asal Usul CRUDE PALM OIL

--- Ayo Sawit ---

Previous Post Next Post

Contact Form