DOSIS PEMUPUKAN KELAPA SAWIT ! JUMLAH PUPUK KELAPA SAWIT

Pupuk adalah makanan (unsur hara) yang sangat dibutuhkan bagi tanaman, pemupukan atau pupuk yang baik harus cukup sesuai kuantitas dan kualitas yang diperlukan tanaman. 
Proses pemupukan berhubungan erat dengan petani, tetapi saat ini banyak petani yang mengarah ke keadaan konsumtif dan kurang peduli terhadap penurunan produksi kelapa sawit akibat pengelolaannya kurang optimal terutama pada aspek pemupukannya. Rendahnya pengetahuan petani dalam menginterpretasi fenomena hubungan tanah-tanaman merupakan faktor yang berkontribusi besar pada perubahan perilaku tersebut.

Notohadiprawiro, (2000) menambahkan bahwa untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan suatu teknologi pengolahan yang tepat dan efisien, salah satunya adalah dengan pemberian pupuk yang tepat.

Untuk mengetahui dosis pupuk yang harus ditambahkan ke dalam tanah yaitu dengan mempertimbangkan jumlah hara yang diserap tanaman, status hara dalam daun, hara yang terangkut bersama hasil panen, hara yang kembali ke tanah, hara yang hilang dari zona perakaran, dan kemampuan tanah dalam menyediakan unsur hara (Siahaan et all, 2010)

Masih banyak petani yang memupuk kelapa sawitnya memakai pupuk tunggal terdiri dari Urea sebagai sumber Nitrogen, SP-36 sebagai sumber Phosfat dan KCl sebagai sumber Kalium dengan dosis seadanya tanpa menghiraukan anjuran dari perusahaan. Praktiknya rata-rata petani memupuk sawit dengan jumlah 1,0 kg untuk sawit muda dan 2,0 kg per pohon untuk sawit produktif, terdiri dari pupuk N, P dan K untuk setiap semesternya. 

Jumlah pupuk yang diberikan ini masih jauh dari jumlah yang dibutuhkan oleh tanaman sawit dimana berdasarkan anjuran perusahaan kebutuhan sawit muda dan produktif akan pupuk masing-masing sebanyak 4,0 kg dan 8,0 kg/pohon/6 bulan. Kondisi tersebut didorong oleh beberapa diantaranya dalam memperoleh pupuk, masalah transportasi dan cara pemberian pupuk (Pahan, 2008).

Dosis pupuk N,P,K dan Mg yang optimum untuk tanaman kelapa sawit umur 8-10 tahun pada macam tanah Typic Dystropopt adalah 3,0 kg urea/pohon/tahun dan 0,75 kg Kieserit/pohon/tahun (Sukarji et al., 2000).

Dosis Pupuk Kepala Sawit, Takaran Pupuk Kelapa Sawit, Aturan Pemupukan Kepala Sawit, Pupuk Terbaik Untuk Kalapa Sawit, Caa Mempupuk Kelapa Sawit Yang Benar

--- Ayo Sawit ---

Previous Post Next Post

Contact Form