TANTANGAN PENGEMBANGAN INDUSTRI KELAPA SAWIT DI INDONESIA

Beberapa tantangan yang dihadapi dalam pengembangan agribisnis kelapa sawit adalah sebagai berikut :
  • Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan yang intinya adalah layak secara ekonomi, layak secara sosial dan ramah lingkungan, dalam pengembangan dan pengelolaan kelapa sawit oleh pelaku usaha perkebunan masih rendah.
  • Penerapan prinsip dan kriteria Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO) yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan dan penggunaan minyak sawit lestari, masih sulit untuk dilaksanakan.
  • Kampanye negatif kelapa sawit (Negative Campaign Palm Oil) yang disebarkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) khususnya di pasar internasional yang diantaranya adalah pengembangan kelapa sawit telah mengakibatkan kerusakan lingkungan dan hutan, kerusakan keragaman hayati serta berkurangnya habitat orang utan.
  • Berkembangnya rencana ketentuan Pemerintah Uni Eropa dan Amerika memberlakukan sustainable bio-fuel yang berpotensi menghambat ekspor minyak sawit ke Eropa, dimana minyak sawit merupakan salah satu bahan baku bio-fuel

waktu panen kelapa sawit, fraksi panen kelapa sawit, kriteria panen kelapa sawit, persiapan panen kelapa sawit, alat panen kelapa sawit, manfaat panen kelapa sawit, rotasi panen kelapa sawit, hasil panen kelapa sawit per hektar

--- Ayo Sawit --- 

Previous Post Next Post

Contact Form