PEMBUATAN LUBANG TANAM KELAPA SAWIT PADA TANAH MINERAL

Pembuatan lubang tanam idealnya dilakukan satu Minggu sebelum penanaman. Pembuatan lubang tanam lebih dari satu Minggu akan memungkinkan tertimbunnya kembali sebagian lubang yang sudah digali dengan tanah yang berada disekitar galian lubang tersebut. 

Hal ini dapat mengurangi produktifitas tenaga kerja penananam bibit karena tenaga kerja harus mengulang kembali pengendalian lubang yang telah tertimbun. Begitu pula sebaliknya, penggalian lubang tanaman yang terlalu cepat atau kurang dari satu Minggu juga tidak di anjurkan karena semakin kecil persiapan untuk mengontrol kebenaran ukuran dan posisi lubang. Pembuatan lubang tanah cenderung berbeda untuk tanah mineral dengan tanah gambut.

Pembuatan lubang tanam pada tanah mineral
Lubang di gali secara memuai dengan mengunakan cangkul, anak pancang digunakan sebagi titik tengah dari lubnagg tersebut. Pembuatan lubang pada tanah mineral, baik di areal datar maupun teras individu maupun pada teras bersambung, hanya di buat satu lubang tanam (tunggal) untuk setiap tanaman dengan ukuran lubang sebesar 60 cm x 60 cm x 60 cm. 

Untuk posisi lubang tanam pada kedua jenis terasan,lubang di buat berjarak 1 m dari dinding teras. Tanah bagian lubang pada bagian atas (top soil) diletakkan di sebelah kanan anak pancang tanaman, sedangkan tanah galian lubang bagian bawah (sub soil) diletakkan di sebelah kiri Anak pancang tanaman.

pemupukan lubang tanam kelapa sawit, laporan pembuatan lubang tanam kelapa sawit, jarak tanam kelapa sawit, ukuran lubang tanam yang disarankan untuk penanaman kelapa sawit adalah, macam macam lubang tanam, pengertian lubang tanam, teknik penanaman kelapa sawit, umur bibit kelapa sawit siap tanam

--- Ayo Sawit ---

Previous Post Next Post

Contact Form