CARA PENANGGULANGAN PENYAKIT BUSUK PANGKAL BATANG KELAPA SAWIT AKIBAT GANODERMA

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi penyakitini diantaranya adalah dengan cara membersihkan seluruh sisa – sisa tanaman yang terdapat di lahan, karena hal ini dapat menjadi sumber inokulum. 
Tunggul - tunggul dan gumpalan akar sekitar tunggul digali, untuk dikumpulkan dan dibakar. Juga dianjurkan agar batang – batang pohon tua dipotong – potong, dikumpulkan, ditumpuk dengan baik, untuk akhirnya tumpukan itu dibakar. 

Apabila pembakaran tidak memungkinkan untuk dilakukan, batang – batang ditumpuk diantara barisan transplanting, dibiarkan membusuk dan ditutupi oleh tanaman penutup tanah kacangan yang mejalar (legume creeping crover)

Hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan menghasilkan strategi pengendalian penyakit BPB yang paling menjanjikan yaitu dengan menerapkan pengendalian terpadu yang merupakan kombinasi dari pengendalian hayati yaitu perlakuan bibit dengan jamur antagonis (Trichoderma spp. dan Gliocladium spp.) dan mikoriza, pemanfaatan tanaman yang toleran terhadap serangan Ganoderma, pembuatan parit isolasi untuk tanaman terinfeksi, dan pemusnahan inokulum dengan cara membongkar tanah dan memusnahkan tunggul-tunggul serta akarakar tanaman terinfeksi kemudian dibakar.

makalah penyakit ganoderma pada kelapa sawit, ciri ciri sawit terserang ganoderma, ganoderma boninense, penyebaran ganoderma, ciri ciri jamur ganoderma, cara mengatasi penyakit ganoderma pada sawit, ganoderma applanatum, ganoderma sp

--- Ayo Sawit ---

Previous Post Next Post

Contact Form