CARA PEMBUATAN LUBANG TANAM KELAPA SAWIT DI TANAH GAMBUT

Pembuatan lubang tanam pada tanah gambut --> Pembuatan lubang tanaman secara manual di areal gambut dapat di buat ganda ( double hole) atau yang disebut juga dengan lubang di dalam lubang (hole in hole). 
Pada tahap,lubang bagian atas atau lubang pertama, dibuat dengan ukuran 200 cm x100 cm x 30 cm ( berbentuk balok sedalam 30 cm), kemudian tepat di tengah-tengah lubang pertama digali lagi lubang tanaman yang kedua dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm (berbentuk kubus). Lapisan tanah tob soil dan sub soil diletakkan seperti halnya yang telah dilakukan pada tanah mineral.

Tujuan pembuatan lubang dalam lubang ( hole in hole) adalah untuk mengurangi resiko terjadinya pertumbuhan tanaman yang miring ke salah satu posisi pada saat awal perkembangannya, terutama jika tanaman di tanam di atas areal bergambut sedang hingga dalam. 

Kemiringan tanaman dapat terjadi karena tanaman yang masih muda belum mempunyai struktur akar yang kuat untuk memegang lapisan tanah gambut, sedangkan Gambut secara lambat laun akan mengalami penyusutan pada lapisan permukaan nya.

Dengan dibuat nya lubang ganda dengan cara bertingakat, diharapkan pada saat terjadinya penyusutan lapisan permukaan gambut secara lambat laun yang dialami dari penyusutan lubang pertama. Secara alami pula akar-akar tanaman akan semakin kuat untuk memegang lapisan tanah gambut tersebut. Sekalipun penerapan metode seperti ini dapat menjamin sampai 100% tanaman agak tumbuh tegak dengan baik seperti layaknya pertumbuhan tanaman pada tanah mineral, tetapi setidaknya perlakuan tersebut dapat mengurangi resiko terjadi nya kemiringan tanaman yang lebih besar. 

Miring nya pertumbuhan tanaman kelapa sawit akan memerlukan energi lebih banyak yang terbuang sia-sia hanya untuk menegakkan batangnya sehingga hanya sebagian energi saja yang dimanfaatkan untuk keperluan produksi tanaman. Jika demikian, akan terjadi penurunan produksi yang cukup besar.

pemupukan lubang tanam kelapa sawit, laporan pembuatan lubang tanam kelapa sawit, jarak tanam kelapa sawit, ukuran lubang tanam yang disarankan untuk penanaman kelapa sawit adalah, macam macam lubang tanam, pengertian lubang tanam, teknik penanaman kelapa sawit, umur bibit kelapa sawit siap tanam

--- Ayo Sawit ---

Previous Post Next Post

Contact Form