KETAHUI CARA MEMUPUK KELAPA SAWIT YANG BENAR !

Pemupukan tanaman  --> Salah satu tindakan perawatan tanaman yang berpengaruh besar terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman adalah pemupukan. 
Pemupukan berpengaruh terhadap meningkatnya kesuburan tanah yang menyebabkan tingkat produksi tanaman menjadi relatif stabil yang meningkat kan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit dan pengaruh iklim yang merugikan. Pemupukan juga bermanfaat melengkapi ketersediaan unsur hara didalam tanah untuk memenuhi kebutuhan tanaman 

Unsur yang dibutuhkan tanaman terdiri atas 16 jenis, tiga di antaranya diperoleh dari udara dan air yaitu unsur C,H, dan O. Unsur mineral esensial lainnya diperoleh  tanaman dari dalam tanah dan umum digolongkan sebagai unsur hara. 

Unsur hara terbagi menjadi unsur hara makro dan mikro. Unsur hara makro adalah unsur yang dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah besar yang kandungan nilai kritis nya 2-30 g/kg berat kering tanaman, diantaranya adalah unsur N, P, K, Ca, Mg, dan S. 

Unsur hara mikro dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang rela sedikit dengan kandungan nilai kritis nya 0,3-50 mg/kg berat kering tanaman. Unsur hara mikro diantaranya FE, Mn, Zn, Cu, Cl dan B.

Kekurangan atau defisiensi unsur hara tanaman dapat diketahui dari gejala-gejala yang tampak pada tanaman. Defisiensi unsur hara yang berlebihan dapat menurunkan produktivitas tanaman, bahkan dapat menyebabkan kematian.

rotasi pemupukan kelapa sawit, pemupukan kelapa sawit pdf, sop pemupukan kelapa sawit, makalah pemupukan kelapa sawit, dosis pupuk npk mutiara untuk kelapa sawit, fungsi pemupukan kelapa sawit, alat pemupukan kelapa sawit, pupuk sawit baru tanam

--- Ayo Sawit ---

Previous Post Next Post

Contact Form