GANODERMA PENYEBAB PENYAKIT BUSUK PANGKAL BATANG KELAPA SAWIT

Penyakit busuk pangkal batang dapat diketahui dari mahkota pohon,pohon yang sakit mempunyai janur (daun yang belum membuka, spear leave) lebih banyak dari pada biasa. 
Daun berwarna hijau pucat. Daun – daun yang tua layu, patah pada pelepahnya dan menggantung disekitar batang. Meskipun mudah dilihat, namun sebenarnya gejala sebenarnya gejala tersebut bukan gejala yang khas dari penyakit busuk pangkal batang, karena gejala seperti ini dapat juga disebabkan oleh gangguan lain yang menyebabkan terhambatnya pengangkutan air dan hara tanaman ke mahkota. 

Secara mikroskopik, gejala internaldari akar yang terserang Ganoderma boninese samadengan batang yang terinfeksi. Jaringankorteks dari akar yang terinfeksi berubahmenjadi berwarna coklat sampai putih. Pada serangan lanjut, jaringan korteksmenjadi rapuh dan mudah hancur. 

Jaringanstele pada akar yang terinfeksi menjadi berwarna hitam padaserangan berat. Hifa pada umumnya berada pada jaringan korteks,endodermis, perisel, xilem dan floem.Tanda lain dari penyakit ialah munculnyatubuh buah atau basidiokarp pada pangkal batang kelapa sawit

makalah penyakit ganoderma pada kelapa sawit, ciri ciri sawit terserang ganoderma, ganoderma boninense, penyebaran ganoderma, ciri ciri jamur ganoderma, cara mengatasi penyakit ganoderma pada sawit, ganoderma applanatum, ganoderma sp

--- Ayo Sawit ---

Previous Post Next Post

Contact Form